• SMAN Sumatera Selatan
  • SMAN Sumatera Selatan
  • SMAN Sumatera Selatan
  • SMAN Sumatera Selatan
  • Gerakan Literasi SMAN Sumatera Selatan
  • SMAN Sumatera Selatan
  • Exhange students with our students
  • SMAN Sumatera Selatan
  • image
  • Detail Open House

TETAP BERPRESTASI SELAMA MASA BELAJAR DARI RUMAH

  • Category: NEWS
  • Published on Friday, 07 August 2020 10:59
  • Written by Armansyah
  • Hits: 191

 

TETAP BERPRESTASI SELAMA MASA BELAJAR DARI RUMAH

 

Palembang, 05 Agustus 2020—Selama masa darurat penyebaran Covid-19, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Covid-19 dan Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. Tujuan dari pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) ini yaitu untuk memastikan pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan selama darurat Covid-19, melindungi warga satuan pendidikan dari dampak buruk Covid-19, mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 di satuan pendidikan dan memastikan pemenuhan dukungan psikososial bagi pendidik, peserta didik, dan orang tua.

 

Di SMAN Sumatera Selatan, proses pembelajaran menerapkan sistem BDR sejak Maret 2020. Begitupun pada tahun ajaran baru 2020/2021, SMAN Sumsel tetap memberlakukan sistem BDR melalui pembelajaran secara daring. Meskipun tidak tatap muka secara langsung, sistem BDR tetap mengedepankan pendidikan kecakapan hidup dan ketercapaian pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik. Selain itu, sistem pembelajaran daring tidak menghentikan semangat peserta didik guru untuk tetap berprestasi.

 

Ialah Wahyu Rezi Febrian, peserta didik kelas XI SMAN Sumsel berhasil meraih Medali Perunggu kategori Fisika pada ajang POSI Advanced Science Olympiad (ASO) tingkat Nasional. Wahyu dikenal sebagai peserta didik yang sangat menyukai mata pelajaran Fisika. Meski hanya belajar dari rumah, Wahyu sangat antusias untuk mengikuti dan mempersiapkan diri untuk ajang POSI ASO 2020. Tak hanya Wahyu, Amanda Putri Apriliani juga berhasil memenangkan Lomba Poster Adikara dengan dianugerahi sebagai juara II tingkat Nasional. Sistem BDR tidak menghentikan peserta didik SMAN Sumsel untuk terus mencetak prestasi hingga ke tingkat Nasional. SMAN Sumsel juga selalu mendukung, mengasah, dan memfasilitasi setiap bakat yang dimiliki peserta didik.

 

Tak hanya peserta didik, para guru SMAN Sumsel juga begitu semangat untuk menantang dan meningkatkan kompetensinya dengan mengikuti berbagai perlombaan. Adalah Karya, S.Pd., guru Geografi SMAN Sumsel yang telah berhasil meraih Medali Emas pada dua ajang perlombaan geografi tingkat nasional, yaitu TO Kompetisi Sains Nasional dan POSI Advanced Science Olympiad. “Alhamdulillah saya berhasil menang pada dua kompetisi Geografi tingkat Nasional tersebut. Motivasi saya dalam mengikuti perlombaan yaitu untuk menguji kemampuan diri, memanfaatkan waktu agar tetap produktif selama masa darurat Covid-19, dan tentu saja untuk mengharumkan nama SMAN Sumsel di kancah Nasional.” tutur Karya.

 

Selain itu, guru Kimia dan Fisika SMAN Sumsel membentuk sebuah tim bernama Titan Adiabatis untuk mengikuti kompetisi 1000 Guru Pioner Virtual Reailty (VR) yang diselenggarakan oleh Seamolec, Pusdatin Kemdikbud, dan Daily Social. Pada kompetisi ini, Novi Islahiah, S.Pd. M.Ed. (Guru Kimia) dan Aspri Ayu Jarlismi, S.Pd.(Guru Fisika) SMAN Sumsel, mendesain program pembelajaran kreatif dan mengkreasikan pembelajaran tersebut dalam konten VR sebagai solusi Pendidikan di Indonesia. Pada kompetisi ini, guru tidak hanya mendesain konten VR untuk pembelajaran namun juga menguji-cobakan desain pembelajaran tersebut kepada peserta didik untuk melihat efektivitas pembelajarannya. Desain pembelajaran dari Tim Adiabatis berhasil masuk 10 besar tingkat Nasional.

 

“Pada kompetisi ini, dengan konsep pembelajaran kreatif yang dikreasikan melalui teknologi Virtual Reality. Sebelumnya, penyelenggara kompetisi memberikan pelatihan kepada seluruh peserta perlombaan terkait teknologi Virtual Reality. Awalnya kami hanya bermaksud untuk tetap menjaga produktivitas dan meningkatkan kapasitas selama masa Covid-19. Namun pelatihan VR yang kami dapatkan begitu menginspirasi untuk proses pembelajaran, apalagi sekarang selama pandemi pembelajaran dilaksanakan secara daring. Alhamdulillah ternyata kami masuk 10 besar Nasional.” jelas Aspri.

 

Share

News & Events

Our News Contributor

fina.png  M. Risky Saputra  Rima Anadia  Luthfia Cikal Maherdiva
         Fina                Risky              Shervia           Cikal                   

     Shervia  Betran Yunior  Harisa Salsabila  Yessy Arsela
           Rima           Betran           Salsabila           Yessy

Student Profiles

Video SMAN Sumatera Selatan

video_profil_2018.png  student profile  

Translate Language

id Indonesian en English

Statistik Pengunjung

2324547
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua Hari
355
1812
15678
2241814
132777
205148
2324547

Your IP: 3.237.71.23
2020-09-26 03:32

Upcoming Events

Cambridge examination 

5 Oct - 16 Nov 2020

Community Service Launching

2 Oct 2020

NSDC - National Schools Debating Championship

Oct 2020

Newsletters

 

Newsletter March 2020  Newsletter January 2020  Newsletter September 2019

Logo Donor

Supported by:

 

Logo sumsel      logo Palembang  logo OKU  logo OKU Selatan  logo OKU Timur  LOGO PAGAR ALAM  logo PALI  logo prabumulih  logo banyuasin  logo empat lawang  logo lahat  logo Lubuk Linggau  logo muaraenim  logo mura   Logo Musi Banyuasin  logo OKI  

  CIE Logo  Bridge Logo

Connect with Us


Connect With Us

Icon Facebook Icon Twitter email Icon Instagram Icon Youtube

SMAN Sumatera Selatan | Jl. Pangeran Ratu, Kel. 8 Ulu, Kec. Seberang Ulu 1, Palembang 30252, South Sumatera, Indonesia | Telp (0711) 753-9549, Fax (0711) 7539-766
©2020 All rights reserved | Managed by Marketing, Events & External Relations
New Template New Template New Template