• SMAN Sumatera Selatan
  • SMAN Sumatera Selatan
  • SMAN Sumatera Selatan
  • SMAN Sumatera Selatan
  • SMAN Sumatera Selatan
  • SMAN Sumatera Selatan
  • SMAN Sumatera Selatan

program 5

 

 Academic Program 2

 

    

LLL 1

 

 

 

ptl 1

 

 

 

 Boarding Education 1

 

ACADEMIC PROGRAM

  • Category: PROGRAM
  • Published on Monday, 05 October 2015 15:54
  • Written by Marketing, Events & External Relations
  • Hits: 8760

                                                               

 

SMAN Sumatera Selatan menerapkan kurikulum yang holistik berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (Kurikulum K13) dan pembelajaran abad ke-21 yang didukung oleh Cambridge International Examination (IGCSE – International General Certificate of Secondary Education). Sinergi antara kedua kurikulum tersebut mampu mempersiapkan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan di perguruan tinggi, baik dalam maupun luar negeri. Penggunaan standar internasional yang diterapkan baik di dalam proses belajar mengajar dan penilaian hasil belajar, membantu peserta didik membangun perspektif internasional dalam segala aspek pembelajaran dan pengetahuan mereka, serta membantu peserta didik mengambil peran sebagai bagian dari komunitas dunia dan pembelajar sepanjang hayat.

Kurikulum Nasional disampaikan dalam bahasa Indonesia, sedangkan Kurikulum Cambridge disampaikan dalam Bahasa Inggris. Proses kegiatan belajar mengajar difokuskan untuk lebih memberi peran pada keaktifan peserta didik (student-centered) dengan berbagai pendekatan yang mampu mengakomodasi berbagai perbedaan cara belajar peserta didik (learning styles).Proses belajar-mengajar juga dilakukan dengan berbagai metode yang tidak monoton, dimana peserta didik dapat belajar baik di dalam maupun di luar ruangan.

Dalam Program Kerja Kurikulum Nasional, terdapat beberapa program yang kemudian diterapkan dan berlaku di SMAN Sumatera Selatan, yaitu teacher induction yang diselenggarakan setiap awal tahun ajaran sebagai wadah sosialisasi target sekolah dan akademik serta sistem administrasi sekolah pada tahun ajaran tersebut kepada para guru.  Foundation study yang merupakan program pengenalan kurikulum sekolah bagi peserta didik baru setelah kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah dan Asrama, dan workshop / in house training untuk para guru yang bertujuan untuk menyegarkan dan meningkatkan pemahaman serta penguasaan Kurikulum nasional sesuai 8 SNP dan kurikulum nasional untuk guru.

Peserta didik kerap diajak belajar di luar kelas (outdoor learning) untuk melakukan diskusi kelompok, sehingga peran guru lebih bersifat mengarahkan dan memfasilitasi. Pembelajaran baik di dalam maupun diluar kelas selalu mencakup pembinaan karakter serta menjadikan guru sebagai role model (tauladan). Selain itu, kegiatan belajar-mengajar dilakukan dengan cara yang interaktif, menarik dan bermakna bagi peserta didik dengan memadukan perangkat teknologi dan kreatifitas guru sehingga suasana kelas menjadi menyenangkan. Sekolah secara rutin mengadakan field trip (kunjungan luar sekolah) guna menunjang pembelajaran peserta didik, seperti berkunjung ke perusahaan perbankan, laboratorium produksi perusahaan, daerah konservasi, maupun Perguruan-Perguruan Tinggi. Hal ini memastikan sinkronisasi pembelajaran yang didapat di kelas dengan praktek langsung di lapangan di dunia produksi dan usaha.

Guna menghasilkan pembelajaran yang optimal dan berkualitas, guru selalu mempersiapkan lesson plan (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Tahap persiapan ini merupakan bagian penting dari tahapan akademis agar topik pembelajaran dapat disampaikan dengan baik dan menarik. Terdapat pula Penugasan Mandiri dalam bentuk PR (Pekerjaan Rumah) yang diberikan rutin dan terjadwal sehingga memastikan peserta didik melatih kemandirian dan rasa tanggung jawab sebagai pelajar. Peserta didik juga diberikan individual/team project yang dilakukan 1 kali dalam 1 semester untuk memastikan ketercapaian ranah kognitif C6-Creating. Dengan muatan akademik yang padat, kami memastikan adanya  penjadwalan yang baik sehingga beban kerja peserta didik lebih terencana dan tidak menumpuk.

Terkhusus, pada mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris dan Sains (Kimia, Biologi, dan Fisika) dilakukan penambahan jam tatap muka, ditambah dengan kegiatan praktikum (khusus Sains). Selain itu, terdapat pula 9 kelas olimpiade (Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Astronomi, TIK, Geografi dan Kebumian) yang didasari pada minat peserta didik. Kelas ini dipersiapkan untuk mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) dan kompetisi ilmiah lainya atau lomba karya ilmiah. Kelas olimpiade tersebut telah membantu mengharumkan nama SMAN Sumatera Selatan di ajang-ajang bergengsi di hampir semua tingkat; lokal, nasional maupun internasional.

Pada akhirnya, untuk lebih meningkatkan mutu lulusan, dilakukan pula berbagai program yang mampu meningkatkan kemampuan akademik peserta didik. Khusus dalam hal peningkatan kemampuan berbahasa Inggris, diadakan berbagai kegiatan intensif pembelajaran dan tes TOEFL.

Pada masa pandemi covid-19 ini, SMAN Sumatera Selatan melakukan beberapa penyesuaian terhadap proses kegiatan belajar dan mengajar. Saat ini, metode belajar yang digunakan adalah PJJ atau Pembelajaran Jarak Jauh atau belajar dari rumah. Dalam kegiatannya, para guru menggunakan berbagai macam media pembelajaran daring, seperti Microsoft Teams, Google Meet, Zoom, dan Whatsapp. Jam belajar pun juga disesuaikan menjadi 2 periode, yaitu periode pertama dimulai sejak pukul 7.30 – 9.00 WIB dan periode kedua dimulai sejak pukul 10.00 – 11.30 WIB.

Selain program pembelajaran, terdapat pula program khusus, yaitu Program Gerakan Literasi Sekolah. Program ini diterapkan guna melatih peserta didik untuk membiasakan diri membaca buku. Terdapat beberapa sub-kegiatan, yaitu silent reading, book sharing, dan lomba-lomba yang berkaitan dengan literasi seperti menulis artikel. Selama masa pandemi Covid-19, perpustakaan SMAN Sumatera Selatan juga menyediakan sumber bahan bacaan untuk peserta didik selama pembelajaran jarak jauh. Data center yang dapat diakses dari rumah berisi buku teks pembelajaran dan materi pelajaran lainnya yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran bagi peserta didik.

Perubahan sementara ini hanya terjadi pada jam dan metode pembelajaran, semua program masih dijalankan dengan baik dan menyesuaikan dengan protokol kesehatan dan kondisi yang ada.

                                                              

  

Share

Our News Contributor

Audrey  M. Risky Saputra  Rima Anadia  Luthfia Cikal Maherdiva
    Audhrie             Risky              Shervia           Cikal                   

  Shervia  Betran Yunior  Harisa Salsabila  Yessy Arsela
           Rima           Betran           Salsabila           Yessy

Video SMAN Sumatera Selatan

video_profil_2018.png  student profile  

Translate Language

id Indonesian en English

Video Academic Program



Upcoming Events

Final Exam 

25th November 2019

Logo Donor

Supported by:

 

Logo sumsel      logo Palembang  logo OKU  logo OKU Selatan  logo OKU Timur  LOGO PAGAR ALAM  logo PALI  logo prabumulih  logo banyuasin  logo empat lawang  logo lahat  logo Lubuk Linggau  logo muaraenim  logo mura   Logo Musi Banyuasin  logo OKI  

  CIE Logo  Bridge Logo

Connect with Us


Connect With Us

Icon Facebook Icon Twitter email Icon Instagram Icon Youtube

SMAN Sumatera Selatan | Jl. Pangeran Ratu, Kel. 8 Ulu, Kec. Seberang Ulu 1, Palembang 30252, South Sumatera, Indonesia | Telp (0711) 753-9549, Fax (0711) 7539-766
©2020 All rights reserved | Managed by Marketing, Events & External Relations
New Template New Template New Template