• SMAN Sumatera Selatan
  • SMAN Sumatera Selatan
  • Gerakan Literasi SMAN Sumatera Selatan
  • Exhange students with our students
  • SMAN Sumatera Selatan
  • SMAN Sumatera Selatan
  • SMAN Sumatera Selatan
  • Detail Open House
  • SMAN Sumatera Selatan

PENDIDIKAN KARAKTER TETAP DILAKUKAN SELAMA MASA STUDY FROM HOME

  • Category: NEWS
  • Published on Thursday, 16 April 2020 10:56
  • Written by Marketing, Events & External Relations
  • Hits: 1187

Mandiri 2

Berdasarkan Surat Edaran Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Nomor: 420/3964/SMA.1/Disdik.SS/2020 terkait himbauan pelaksanaan sistem kerja dan pembelajaran dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, SMAN Sumsel menerapkan work from home (WFH) dan study from home (SFH). Kegiatan WFH & SFH ini mulai diterapkan sejak Jum’at (30/3).

Kegiatan study from home (SFH) merupakan bentuk tanggung jawab SMAN Sumsel untuk memastikan seluruh peserta didik tetap sehat dan terhindar dari terpaparnya Covid-19. Meski pun terkendala jarak dimana guru dan peserta didik berada di rumah masing-masing, namun pembelajaran SMAN Sumsel tetap berjalan sesuai kurikulum pendidikan. Banyak kegiatan dan proyek kreatif yang tetap dapat dilakukan selama masa SFH ini, tak hanya pembelajaran akademik namun juga pendidikan karakter peserta didik.

“SFH diterapkan sebagai upaya sekolah untuk turut serta memutus rantai penyebaran Covid-19 yang melanda Indonesia termasuk juga provinsi Sumatera Selatan. Selama masa SFH, Departemen Kesiswaan melakukan penyesuaian terhadap kegiatan pendidikan karakter peserta didik agar tetap berjalan namun sesuai dengan kondisi saat ini, yaitu study from home.” ungkap Bapak Eko Valery Freddie, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMAN Sumatera Selatan.

Lebih lanjut lagi, Bapak Eko menjelaskan bahwa program pendidikan karakter peserta didik SMAN Sumsel dilakukan dengan metode daring (online). Jarak sejatinya tidak dapat dijadikan penghalang untuk terus menanamkan karakter positif kepada peserta didik. Menurut beliau, penanaman karakter dapat dilakukan dimana saja melalui berbagai metode.

“Kegiatan pembentukan karakter tetap dilaksanakan melalui metode daring. Praktik-praktik baik yang dilakukan selama ini di sekolah dan asrama seperti kegiatan keagamaan dan gotong-royong dapat dilakukan di rumah masing-masing. Bahkan kegiatan keorganisasian pun tetap dapat dijalankan melalui berbagai inovasi dari anggota organisasi seperti OSIS, MPK, dan House Family.” jelas Pak EKo.

Selama masa SFH, peserta didik diminta untuk melaporkan kegiatannya dirumah dalam ranah pendidikan karakter. Jika biasanya siswa shalat berjama’ah dan mengaji bersama di masjid SMAN Sumsel, kini peserta didik melaksanakan kegiatan tersebut di rumah dengan keluarga masing-masing.

pendidikankarakter

Jika biasanya peserta didik bergotong-royong untuk membersihkan kamar dan gedung asrama, kini peserta didik dihimbau untuk lebih aktif dalam membantu pekerjaan orangtua di rumah. 

“Selama masa SFH, saya mengajari adik saya mengaji di rumah. Selain itu, saya membantu Ibu untuk membersihkan rumah dan belajar memasak juga.” tutur Vanessa, peserta didik kelas X SMAN Sumsel.

Kegiatan peserta didik dalam rangka pembentukan karakter dipantau langsung oleh wali kelas dan staf asrama. Peserta didik diwajibkan untuk membagikan praktik-praktik kegiatan positif yang dilakukan di rumah.

 penkar

“Saya sebetulnya sangat terkesan melihat semangat peserta didik dalam melakukan praktif baik di rumah. Selain itu, saya juga bangga dengan berbagai inisiatif anggota organisasi peserta didik SMAN Sumsel yang sangat aktif membuat poster edukasi mengenai bahaya Covid-19 dan himbauan untuk #StayAtHome. Tak hanya itu, peserta didik juga membuat kontes foto terkait pembelajaran dari rumah dengan tema “Far from School – Covid19 Outbreak.” tambah Pak Eko.

Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan ini berharap agar semua diberikan kesehatan serta kekuatan selama pandemi Covid-19 ini, dan semoga wabah Corona segera berakhir agar semua kegiatan kembali normal.

 

Share

News & Events

Our News Contributor

Audrey  M. Risky Saputra  Rima Anadia  Luthfia Cikal Maherdiva
    Audhrie             Risky              Shervia           Cikal                   

  Shervia  Betran Yunior  Harisa Salsabila  Yessy Arsela
           Rima           Betran           Salsabila           Yessy

Student Profiles

Video SMAN Sumatera Selatan

video_profil_2018.png  student profile  

Translate Language

id Indonesian en English

Statistik Pengunjung

2756142
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua Hari
1193
2067
1193
2736417
199927
218773
2756142

Your IP: 3.238.184.78
2020-11-29 09:26

Upcoming Events

Cambridge examination 

5 Oct - 16 Nov 2020

Community Service Launching

2 Oct 2020

NSDC - National Schools Debating Championship

Oct 2020

Newsletters

 

Newsletter September 2020  Newsletter March 2020  Newsletter January 2020 

Logo Donor

Supported by:

 

Logo sumsel      logo Palembang  logo OKU  logo OKU Selatan  logo OKU Timur  LOGO PAGAR ALAM  logo PALI  logo prabumulih  logo banyuasin  logo empat lawang  logo lahat  logo Lubuk Linggau  logo muaraenim  logo mura   Logo Musi Banyuasin  logo OKI  

  CIE Logo  Bridge Logo

Connect with Us


Connect With Us

Icon Facebook Icon Twitter email Icon Instagram Icon Youtube

SMAN Sumatera Selatan | Jl. Pangeran Ratu, Kel. 8 Ulu, Kec. Seberang Ulu 1, Palembang 30252, South Sumatera, Indonesia | Telp (0711) 753-9549, Fax (0711) 7539-766
©2020 All rights reserved | Managed by Marketing, Events & External Relations
New Template New Template New Template