• Gerakan Literasi SMAN Sumatera Selatan
  • Detail Open House
  • image
  • SMAN Sumatera Selatan
  • SMAN Sumatera Selatan
  • SMAN Sumatera Selatan
  • SMAN Sumatera Selatan
  • SMAN Sumatera Selatan

INOVASI SISWA SMAN SUMSEL “AKITERI”, ALAS KAKI ANTI BAKTERI SABET PENGHARGAAN DARI GUBERNUR SUMSEL – HERMAN DERU

  • Category: NEWS
  • Published on Thursday, 10 December 2020 08:19
  • Written by Armansyah
  • Hits: 713

INOVASI SISWA SMAN SUMSEL

 “AKITERI”, ALAS KAKI ANTI BAKTERI

SABET PENGHARGAAN DARI GUBERNUR SUMSEL – HERMAN DERU

 

 

Palembang, 7 Desember 2020  – Dua siswa SMAN Sumsel, Berlin Fitrah Alkausar dan Khairul Apandi, berhasil mendapatkan penghargaan dari Gubernur provinsi Sumatera Selatan Bapak H. Herman Deru atas inovasi yang mereka ciptakan dari eceng gondok dengan produk yang diberi nama AKITERI (ALAS KAKI ANTI BAKTERI).  Inovasi karya siswa SMAN Sumsel ini memperoleh penghargaan terbaik 3 Inovasi Daerah Kategori Siswa Inovatif. Akiteri berada dalam daftar 51 inovasi terbaik dari 16 Kota/Kabupaten di Sumsel.

 

Didampingi oleh pembimbing mereka, Ibu Tyas, guru mata pelajaran Kimia di SMAN Sumsel, Berlin dan Apandi mendapatkan anugerah penghargaan dari Gubernur Sumsel, Bapak H. Herman Deru, S.H., M.M. Sayangnya Apandi tidak bisa membersamai Berlin dan Bu Tyas dalam Malam Penganugerahan Inovator Sumatera Selatan Tahun 2020 yang diselenggarakan di Griya Agung Sumsel dikarena sakit.

 

Sebelum mendapatkan penghargaan, Berlin dan Apandi berkompetisi dengan sekitar 500 peserta inovator dari berbagai daerah di Sumsel. Setelah lulus seleksi, keduanya melakukan presentasi Inovasi Daerah Kategori Siswa Inovatif dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BALITBANGDA) bersama 10 peserta inovator lainnya. Hasilnya disaring 3 inovasi terbaik dan kemudian melakukan agenda Fact Finding. Setelah fact finding, kedua siswa mempersiapkan untuk agenda pameran inovasi yang dilakukan di Griya Agung pula. Persiapan dilakukan selama lebih kurang satu minggu. Diawali dari pembuatan produk, merancang materi pameran dan kemasan produk untuk dipajang dan dipamerkan pada pameran sehari sebelum malam penganugerahan.

 

Ide pembuatan AKITERI ini berawal dari keresahan Berlin dan Apandi melihat banyaknya eceng gondok yang tumbuh di sungai yang mengalir di depan sekolah. Pertumbuhan eceng gondok yang pesat ini dinilai mengganggu aktivitas warga sekitar yang memanfaatkan sungai sebagai sumber air. Kemudian, terdapat permasalahan lain yang membuat keduanya akhirnya terpikir untuk membuat alas kaki anti bakteri, “Kami adalah siswa yang tinggal di asrama dan sering menemukan permasalahan yang dihadapi oleh siswa. Terkadang saat siswa yang ketika pulang ke asrama dari sekolah membuka sepatu,  sering tercium aroma kurang sedap yang berasal dari sepatunya.” Jelas Apandi. Alas kaki anti bakteri menurutnya menjadi salah satu solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut.

 

Proses pembuatan AKITERI ini tidak memakan waktu lama, cukup sehari saja pengerjaannya. Mulai dari persiapan mengumpulkan bahan-bahan utama seperti eceng gondok dan pelepah palem. Kemudian masuk ke proses mixing menggunakan blender guna mencampurkan dan menghaluskan eceng gondok dan pelepah palem. Hasil blender dicampurkan dengan tepung tapioka yang berfungsi sebagai perekat kedua material.

 

Memasuki proses utama, yaitu metode pulping menggunakan NaOH. Setelah selesai, dilakukan proses pemutihan, yaitu bleaching menggunakan H2O2. Kemudian, bahan yang sudah tercampur tersebut ditiriskan hingga cairan NaOH dan H2O2 nya hilang dari produk. Setelah itu, dicetak menggunakan cetakan berbentuk alas kaki, lalu dijemur di bawah sinar matahari. Setelah kering, maka produk sudah jadi. “Selain enceng gondok dan pelepah palem, kami melakukan distilasi kulit jeruk menjadi minyak atsiri sebagai bahan pengharum dari produk akiteri. Setelah dilakukan distilasi, minyak atsiri tersebut dioleskan pada permukaan akiteri yang telah jadi.” Tambah Apandi.

 

Setelah menerima penghargaan atas inovasi yang dilakukan, Berlin dan Apandi senantiasa bersyukur atas kesempatan yang diberikan. “Yang pasti kami senang dan bersyukur karena diberi kesempatan untuk dapat berkontribusi pada ajang Inovasi Daerah ini, dan mendapat support dari sekolah maupun sponsor. Kami juga bangga karena bisa menorehkan prestasi dan membawa nama sekolah, serta bisa menambah prestasi yang dapat menunjang masuk ke universitas. Kami sangat terharu karena dari sekian banyak peserta, kami bisa terpilih menjadi salah satu yang terbaik.

 

Kepala sekolah SMAN Sumsel, Ibu Dra. Rr. Mini Sariwulan, M.Si., memberikan apresiasi kepada Berlin dan Apandi beserta guru pembimbing mereka, Ibu Tyas. “Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada siswa kami, terutama guru pembimbing yang telah melatih dan mendidik peserta didik untuk berkiprah di dunia karya ilmiah. Jadi, produk alas kaki anti bakteri ini alhamdulillah sudah divalidasi dan sudah dinilai secara profesional oleh Balitbang provinsi Sumatera Selatan. Saya berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada tim Balitbang yang sudah memberikan kepercayaan kepada Berlin, Apandi, dan Ibu Tyas sebagai guru pendamping dan pembimbing atas prestasi yang diperhitungkan di ajang Inovasi Daerah provinsi Sumatera Selatan. Saat melihat prosesnya beberapa kali, Saya melihat Berlin teliti dan sangat akurat untuk mencapai hasil yang terbaik. Untuk guru pembimbing juga saya ucapkan terima kasih, Ibu Tyas juga cukup ulet dan setia dan sangat proaktif dalam membimbing peserta didik. Pihak sekolah juga memberikan peluang sebesar-besarnya kepada semua guru dan pegawai untuk berkolaborasi, bersinergi, mendukung pelaksanaan kegiatan ini agar dapat menghasilkan produk yang terbaik. Tidak lupa juga, Ibu mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur, H. Herman Deru atas dukungan untuk kesempatan besar berinovasi bagi siswa di Provinsi Sumatera Selatan.” Ujar beliau.

Share

News & Events

Our News Contributor

Audrey  M. Risky Saputra  Rima Anadia  Luthfia Cikal Maherdiva
    Audhrie             Risky              Shervia           Cikal                   

  Shervia  Betran Yunior  Harisa Salsabila  Yessy Arsela
           Rima           Betran           Salsabila           Yessy

Student Profiles

Video SMAN Sumatera Selatan

video_profil_2018.png  student profile  

Translate Language

id Indonesian en English

Statistik Pengunjung

3559117
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua Hari
4134
4542
25121
3496712
28991
127304
3559117

Your IP: 3.236.214.19
2021-05-07 21:20

 

 

Upcoming Events

Labour Day

1 May 2021

Indonesia National Education Day

2 May 2021

Tahfiz Graduation

6-7 May 2021

Eid Al Fitr

13-14 May 2021

Vesak 2021

26 May 2021

Student Graduation

7 June 2021

 

   

Newsletters

 

Newsletter January 2021 Newsletter September 2020  Newsletter March 2020 

Logo Donor

Supported by:

 

Logo sumsel      logo Palembang  logo OKU  logo OKU Selatan  logo OKU Timur  LOGO PAGAR ALAM  logo PALI  logo prabumulih  logo banyuasin  logo empat lawang  logo lahat  logo Lubuk Linggau  logo muaraenim  logo mura   Logo Musi Banyuasin  logo OKI  

  CIE Logo  Bridge Logo

Connect with Us


Connect With Us

Icon Facebook Icon Twitter email Icon Instagram Icon Youtube

SMAN Sumatera Selatan | Jl. Pangeran Ratu, Kel. 8 Ulu, Kec. Seberang Ulu 1, Palembang 30252, South Sumatera, Indonesia | Telp (0711) 753-9549, Fax (0711) 7539-766
©2020 All rights reserved | Managed by Marketing, Events & External Relations
New Template New Template New Template