BELAJAR KIMIA DI LABORATORIUM
- Category: OPINION
- Published on Tuesday, 06 March 2018 09:36
- Written by Marketing, Events & External Relations
- Hits: 6554
Kegiatan pratikum merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan oleh siswa dalam proses pembelajaran Kimia di kelas XI IPA. Aktivitas pratikum sangat perlu dilakukan dalam proses pembelajaran sains, selain sebagai kompetensi keterampilan yang harus dicapai oleh siswa, kegiatan pembelajaran dilaboratorium juga dapat menumbuhkan sikap berpikir kritis siswa terhadap materi pembelajaran karena siswa dapat menghubungkan teori yang telah dibaca dari buku dengan hasil pengamatan yang telah mereka lakukan selama percobaan.
Saat ini, siswa sedang melakukan percobaan tentang pengujian larutan asam, basa dan garam. Adapun tujuan dari percobaan yang dilakukan adalah untuk mengidentifikasi sifat dari larutan dan menentukan perkiraan pH secara kualitatif, terdapat sepuluh jenis larutan yang berbeda yang akan diujikan sifat nya dengan menggunakan enam jenis indikator yang berbeda termasuk indikator alami yang dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
Selama melakukan percobaan siswa terlihat antusias dan menunjukan rasa ingin tahu terhadap kegiatan selama percobaan. Setelah selesai melakukan percobaan, perwakilan dari setiap kelompok menyimpulkan hasil pengamatan yang telah dilakukan dan membandingkan hasil pengamatan dengan kelompok lainnya, proses ini dikenal sebagai tahap verifikasi yang merupakan salah satu tahapan pada metode pembelajaran. Diharapkan dengan melakukan kegiatan pratikum di laboratorium, siswa dapat memahami materi dengan lebih baik lagi dan pengalaman belajar dilaboratorium dapat membekali siswa untuk jenjang pendidikan berikutnya, misalnya telah mengetahui aturan dan larangan saat bekerja di laboratorium, simbol-simbol bahan kimia, dan keselamatan kerja. Selain itu, pengalaman belajar siswa di laboratorium juga diharapkan dapat memotivasi siswa untuk menemukan ide permasalahan yang dapat dituliskan pada karya ilmiah karena belajar kimia bukan hanya sekadar menghitung, tetapi lebih dari itu, yaitu menciptakan karakter siswa yang jujur, bertanggung jawab, dan berpikir ilmiah melalui kegiatan pembelajaran di laboratorium.